Selasa, 20 Maret 2012

fenomena tentang kesehatan mental yang terjadi di masyarakat

Fenomena yang berkaitan dengan kesehatan mental yang terjadi dewasa ini adalah kecanduan terhadap jejaring sosial. misalnya seperti sering membuka-buka facebook, myspace atau twitter, melihat-lihat profil orang lain yang tidak ada kaitannya sama sekali dengan diri kita.

Sebenernya kecanduan terhadap jejaring sosial ini dapat mengganggu kesehatan mental seseorang karena memicu seseorang untuk mengisolasi diri dan membuat dirinya menjadi anti sosial atau ansos. Hal ini berbahaya karena pengisolasian diri dapat mengubah cara kerjaa gen, membuat bingung respon kekebalan, level hormon, fungsi urat nadi, dan merusak performa mental. dan tentunya hal ini bertolak belakang dengan mksud dan tujuan dibuatnya jejaring sosial dimana seharusnya pengguna dpat menemukan teman-teman lama yang tidak pernah berjumpa lagi, atau bahkan menambah teman.

hal ini dapat menyebabkan hubungan sosial individu tersebut dengan orang yang ada disekitarnya mulai merenggang. karena individu tersebut telah terlarut dan marasa nyaman dengan diriya yang ada di dunia maya sehingga mulai merupakan bagaimana cara berprilaku ketika sedang berinteraksi dengan individu lain di dunia nyata. terlebih lagi, alat elektronik dapat membuat seseorang kehilangan akan kempuannya untuk berinteraksi secara langsung dan membaca bahasa tubuh orang lain.

kerusakan fisik juga dapat terjadi. seperti terus menerus menggunakan mouse dan keyboard kita dapat mengalami cidera tekanan. selain itu juga masih ada masalah pada cider tulang punggung akibat berlama-lama duduk didepan komputer. peyakit lainnya bisa berupa stroke ataupun kangker.

seharusnya jejaring sosial bisa menjadi wadah pertemanan atau peyalur bakat sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup. namun yang terjadi dewasa ini adalah kebalikan dari itu semua.

1 komentar:

  1. kawan, karena kita sudah mulai memasuki mata kuliah softskill akan lebih baik jika blog ini disisipkan link Universitas Gunadarma yaitu www.gunadarma.ac.id yang merupakan identitas kita sebagai mahasiswa di Universitas Gunadarma juga sebagai salah satu kriteria penilaian mata kuliah soft skill.. terima kasih :)

    BalasHapus