Senin, 06 Desember 2010

cinta kasih

cinta adaah perasaan sipati yang melibatkan emosi yang mendalam. sedangkan kasih mempunyai arti yang hampir sama dengan cinta. sehingga kata kasih memperuat kata cinta. cinta kasih dapat terjadi antara manusia dengan manusia, manusia dengan alam semsta, manusia dengan sang pencipta, bahkan manusia kepada dirinya sendiri. namun cinta tidak hanya ada dalam hati manusia. cinta tumbuh dalam hati setiap makhluk hidup.

bentuk wujud cinta kasih manusia kepada penciptanya adalah pengabdian, kesetiaan, ketaatan dan sebagaimana. sebagaimana keterikatan manusia kepada tuhannya. sedangkan wujud cinta kasih makhluk hidup kepada sesamanya terbagi atas 3. pertama cinta philiayakni seperti cinta kepada saudara, cinta kepada orang tua, cinta kepada teman, cinta kepada sesama. yang kedua cinta eros yakni cinta yang menegakkan aspek ragawi (erotis). yang ketiga cinta amor yakni cinta yang menekankan aspek psikologis dan emosi.
unsur cinta adalah keterikatan, keintiman dan kemesraan. ketiganya menyatu dalam segitiga. dan menjadi ketergantungan. ketiga unsur cinta ini sama kuat. namun jika ketiganya tidak sama-sama kuat akan mengakibatkan cinta yang hambar. dan ada ketidak seimbangan antara yang satu dengan yang lainnya.
sedangkan cinta kasih manusia kepada alam atau lingkungannya terwujud dalam bentuk menjaga lingkungan, menciptakan keserasian, keselarasan, keseimbangan dengan alam lingkungan sehingga dapat tercapai kehidupan yang aman dan tentram. cinta kasih manusia kepada dirinya sendiri terwujud dalam bentuk menjaga dirinya sendiri
unsur-unsur yang terdapat dalam cinta adalah simpati seperti kenal, tahu, pengertian, dan perhatian. dan emosi seperti pengorbanan, tanggung jawab, saling menghormati dan kasih sayang.
cinta kasih terjadi apabila perasaan simpati antara 2 subjeksaling mengisi dan melengkapi sehingga terjadilah dinamika cinta. setiap makhluk hidup memerlukan cinta dan kasih. karena cinta dan kasih merupakan keperluan fundamental setiap makhluk hidup.
tanpa kita sadari dalam diri manusia terdapat cinta kasih. emosi ini terjadi antara kita dan orang lain bahkan dengan ketidak sengajaan. bahkan emosi ini juga terjadi antara manusia 1 kepada manusia lainnya yang belum kenal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar