Kamis, 03 Januari 2013

akulturasi psikologis

Akulturasi ialah proses sosial yang tibul ketika kebudayaan suatu kelompok dihadapkan dengan kebudayaan asing. Kemudian kebudayaan asing ini lambat laun diterima dan diolah dalam kebudayaan sendiri tanpa menghilangkan kebudayaan sendiri. 

Menurut Arnold M. Rose (1957) "The adoption by a person or group of the culture of another social group", di adopsi oleh seseorang atau kelompok dari kelompok sosial budaya lain. Sedangkan menurut Garbarino (1983), "acculturation is the process of culture change as a result of long term, face to face contact between 2 societies", Akulturasi adalah proses perubahan budaya sebagai akibat jangka panjang tatap muka kontak antara dua masyarakat yang berbeda.

Psikologi adalah sebuah ilmu pengetahuan yang mempelajari mengenai perilaku dan kognisi manusia. Psikologi berasal dari bahasa Yunani Kuno, psyche yang berarti jiwa, dan -logia yang berarti ilmu. sehingga menurut epistemologis dapat diartikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang jiwa. 

Menurut Muhibin Syah (2001), Psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku terbuka dan tertutup manusia baik selaku individu maupun kelompok, dalam hubungannya dengan lingkungan. Tingkah laku terbuka adalah tingkah laku yang bersifat psikomotor yang meliputi bicara, dudukm berjalan dan lainnya. sedangkan tingkah laku tertutup meliputi berfikir, berkeyakinan, berperasaan, dan lain-lain. 

Jadi akulturasi psikologis adalah suatu proses yang timbul ketika suatu kelompok manusia dengan perilaku tertentu7 dihadapkan dengan unsur dari kebudayaan asing. kebudayaan asing tersebut lambat laun diterima dan diolah dalam perilakunya sendiri tanpa menyebabkan hilagnya unsur budaya kelompok sendiri. secara singkat dikatakan terdapat perpaduan perilaku sendiri dengan perilaku asing tanpa menghilangkan perilaku kelompo sendiri. 

Seperti contohnya mahasiswa yang merantau, lambat laun ia akan secara psikologis mengikuti perilaku orang-orang dimana tempat ia menetap seperti pola fikir, dan perilaku, namun tidak membuat ia terlihat seperti orang asli di daerah tersebut. 

Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/akulturasi
http://id.wikipedia/wiki/psikologi
http://secanomi.blogspot.com/2012/11/akulturas-dan-relasi-interkultural.html
http://bknpsikologi.blogspot.com/2010/11/akulturasi-dan-enkulturasi.html






Tidak ada komentar:

Posting Komentar